Selasa, 04 Oktober 2011

Candi Kalicilik


Candi Kalicilik

Adalah sebuah candi Hindu yang terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Bangunan candi ini terbuat dari bata merah dan memiliki denah bujur sangkar dengan ukuran 6,8 m x 6,8 m, serta tingginya 8,3 cm. Candi ini terdiri atas tiga bagian yaitu candi, tubuh candi dan atap candi. Pintu candi menghadap ke arah barat dan di atasnya terdapat hiasan berupa kala. Pada sisi utara, timur dan selatan terdapat relung-relung yang juga berhiaskan kala pada bagian atasnya. Bilik candi kosong dan pada dindingnya terdapat relief Dewa Surya yang dikelilingi oleh sinar matahari. Relief ini merupakan relief Surya Majapahit, yakni simbol dari masa Kerajaan Majapahit. Bagian puncak candi telah hilang, sedangkan bagian kaki candinya telah direnovasi pada tahun 1993. (http://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Kalicilik)

Candi ini sendiri berada di antara pemukiman warga dan berada di pinggir jalan. Tidak terlalu sulit untuk menemukan keberadaan candi ini. Sebab tatkala melintas jalur alternatif Blitar - Kediri lewat Ponggok, tepatnya di Desa Bacem, ada penanda yang menunjukkan arah keberadaan candi ini. tanda itu berada di sebelah timur jalan, atau kalau dari Blitar berada di kanan jalan. Dari jalan utama lurus ke timur sekitar 5 km dan candi berada di sebelah utara jalan. Candi ini berada satu desa dengan Candi Sumbernanas.

Sama seperti candi-candi lainnya selain Candi Penataran, jumlah pengunjung di candi ini bisa dihitung dengan hitungan jari. Hanya orang-orang tertentu yang berkunjung ke candi ini. Selain itu juga tidak ada fasilitas pendukung sebagai objek pariwisata. Hanya pos penjagaan dan pagar pengaman agar keberadaan candi ini tidak rusak dan hilang karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab. Sudah selayaknya objek wisata yang berada di pinggiran juga diperkenalkan kepada masyarakat luas melalui agenda pariwisata yang bisa diadakan Pemkab Blitar. Jangan hanya memperkenalkan salah satu candi saja, semua harus mendapatkan perlakuan yang sama agar potensi yang ada bisa tergali dan bisa dirasakan masyarakat sekitarnya. Ayo diperhatikan !!!!




2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. assalamualaikum..mas kulo bade nyuwun gambar2 njenengan .alna kulo betah sanget tuk mengisi grup dari ponggok faceboker club,ohya gambung sekalian njeh,,sakderenge matur suwun
    http://www.facebook.com/groups/wong.ponggok/324318247602125/?notif_t=like

    BalasHapus