Jumat, 27 Maret 2020

Gerakan 1000 Masker Gratis (2)

Di tengah ramainya blantik masker, masih ada pahlawan kemanusiaan yang tidak memikirkan dirinya sendiri. Mereka bergerak sukarela membantu masyarakat menghadapi dampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Banyak peran yang bisa diambil di tengah situasi ini. Salah satunya, ada legenda hidup vokalis Gang Boentoe Pak Kepz bersama teman-teman pelaku usaha 'pergombalan' yang turun.

Mereka menyapa masyarakat dalam gerakan 'Masker Kain Gratis!!!' Ada 3 titik layanan dan informasi yang bisa dijadikan rujukan masyarakat yang membutuhkan masker: Kanigoro 1 titik dan Sutojayan 2 titik. Lengkap dengan alamat dan nomor kontak masing-masing. Mereka juga terbuka jika ada yang sukarela mendukung gerakan ini. Dalam gerakan peduli pencegahan Covid-19 ini setiap orang yang membutuhkan bisa mendapatkan maksimal 3 masker. "Bersama Kita Pasti Bisa" jadi penyemangat gerakan ini.

Hampir sama dengan gerakan para pelaku usaha 'pergombalan', ada "Gerakan 1000 masker kain gratis" dari mereka yang menggeluti dunia jahit menjahit. Ajakan untuk membuat masker kain katun 2 lapis disebarkan berantai dengan harapan mereka yang memiliki kemampuan menjahit bisa membuat masker dan dibagikan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Ada juga dermawan yang membagikan handsanitizer gratis yang dikhususkan ke tempat-tempat ibadah serta instansi yang berhubungan dengan banyak orang. Dengan syarat membawa KTP, jeriken, dan surat rekomendasi dari pengurus tempat ibadah atau instansi, mereka bisa mendapatkan 5 liter handsanitizer gratis.

Gerakan kemanusiaan ini ada yang di-share dengan harapan menjadi inspirasi yang lain. Ada juga yang gerakan senyap karena khawatir aksinya menjadi ajang pamer diri. Dalam praktiknya bisa dipilih sendiri jalur yang sesuai. Yang penting niatan awal tetap bergerak untuk sedekah dan kemanusiaan di tengah dunia perblantikan yang terus menggeliat. Oh iya, jika ada operasi pasar dari pihak berwenang untuk menormalkan harga masker maupun handsanitizer tentu banyak sekali yang terbantu. Semoga badai Covid-19 segera berlalu dan gerakan pada dermawan membawa berkah serta manfaat bagi kita semua. Aamiin.

Blitar, Jumat Pahing, 27 Maret 2020
Yanu Aribowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar