Rabu, 14 September 2011

Candi Penataran


Candi Penataran

Terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Komplek Candi Penataran pertama kali dilaporkan oleh Sir Thomas Stamford Raffles dalam History of Java, dimana disebutkan bahwa pada tahun 1815 Dr Horsfield menemukan reruntuhan Candi Hindu di Panataran. Dari sisa-sisa struktur dan artefak yang ada di lingkungan komplek candi diketahui bahwa komplek candi ini terdiri dari beberapa bangunan yang pendiriannya tidak dilakukan secara serentak, namun pembangunannya dilakukan bertahap dalam kurun waktu yang relatif panjang. Diperkirakan komplek candi ini dibangun mulai abad ke XII M sampai abad ke XV M. Dengan demikian Komplek Candi Penataran telah dibangun pada masa pemerintahan Kerajaan Kadiri dan terus dilanjutkan pada masa pemerintahan Kerajaan Singasari dan berakhir pada masa pemerintahan Kerajaan Majapahit.

Komplek Candi Penataran ini memiliki fungsi sebagai suatu tempat pemujaan, hal ini berdasarkan isi prasasti Palah yang menyatakan bahwa Raja Srengga (salah seorang Raja Kerajaan Kadiri) sering mengadakan pemujaan di tempat ini, hal ini juga didukung keterangan dari kitab Nagarakertagama yang menyebutkan bahwa bangunan suci Palah (Penataran) merupakan bangunan Dharma Ipas yaitu bangunan suci para Rsi Saiwa-Sugata yang didirikan di atas tanah wakaf sebagai tempat pemujaan. Dengan luas tanah sekitar 180 x 130 meter, komplek Candi Penataran ini terbagi atas tiga halaman.

Halaman I
Untuk memasuki halaman I melewati pintu gerbang candi bentar yang di kanan kirinya terdapat arca dwarapala berangka tahun 1242 Saka/1330 Masehi. Dalam halaman ini terdapat enam buah bangunan. Di sisi kiri menjorok ke luar terdapat sebuah batu besar yang biasa disebut Bale Agung. Berbahan batu andesit, berdenah empat persegi panjang dengan ukuran 39 x 16,5 meter dan tinggi 1,5 meter, membujur Utara-Selatan


kunjungan wapres Boediono 4 Mei 2010


1 komentar:

  1. assalamu'alaikum, mas saya butuh info tentang candi penataran, saya ingin penelitian terkait pelukisan relief candi penataran, mas mohon shar ilmunya tentang bagaimana bentuk relief, tehnik pelukisan dan estetikanya.
    nuwun

    BalasHapus