Rabu, 09 Desember 2015

Nikmati Pagi di Gua Nonong Plosorejo


Gua Nonong salah satu gua yang dimiliki Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, yang ukuran kecil atau lebih tepat disebut ceruk. Sebab, ruangan di dalamnya hanya seukuran kamar. Lokasinya sangat mudah dijangkau, dari perempatan di timur Kantor Kepala Desa Plosorejo, perjalanan menggunakan sepeda motor bisa dilanjutkan ke arah selatan sekitar 1,3 km. Ketika sudah tiba di kawasan lereng bukit, perhatikan di sisi kanan jalan setapak sebuah bongkahan batu besar yang menonjol dengan ketinggian sekitar 30 meter. Batuan menonjol itulah yang disebut nonong, sebutan bahasa Jawa untuk dahi yang menonjol.


Untuk mencapai silakan susuri jalan setapak meniti lereng dan akan terlihat lubang kecil di bagian bawah bongkahan batu itu. Itulah Gua Nonong. Dari ketinggian ini, pemandangan Desa Plosorejo, Desa Darungan, serta wilayah Kanigoro dan Sutojayan bisa dinikmati. Apalagi, jika mau naik dini hari, jika cuaca cerah yang beruntung bisa menikmati indahnya matahari terbit. Untuk sepeda motor bisa ditinggalkan di ladang warga. Jika bingung mencari lokasi gua, bisa tanya ke warga setempat karena mereka dengan senang hati memberikan petunjuk.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar