Selasa, 28 Oktober 2014

Gunung Kelud jalur pendakian Gandusari

Setelah Gunung Kelud meletus Kamis malam, 13 Februari 2014 lalu, kini banyak yang penasaran untuk melihat kondisi kawah Kelud setelah letusan. Salah satu jalur pendakian yang menjadi favorit adalah dari Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari. Titik awal jalur pendakian ini berjarak sekitar 14 km ke arah utara dari Wlingi. Petunjuk paling mudah adalah dari pertigaan masjid Desa Tulungrejo masuk ke barat dan belok ke utara mengikuti jalan desa hingga rumah penduduk yang paling ujung. Perjalanan awal ini bisa ditempuh dengan sepeda motor, mobil, hingga truk. Selanjutnya kendaraan dititipkan di salah satu rumah penduduk.

Baru acara jalan kaki di mulai dengan menyusuri jalan aspal sekitar 500 meter kemudian ambil jalur ke kiri masuk ke dalam hutan pinus. Area hutan pinus ini merupakan jalur pemanasan pendakian menuju Pos Satu yang ada berada di dalam hutan alami. Pos Satu berupa bangunan semi permanen beratap seng. Kondisi jalur pendakian di dalam hutan berupa jalan setapak dengan tanjakan dan turunan, namun lebih didominasi tanjakan. Kan masih berangkat, kalau banyak turunan berarti waktuny pulang ke kampung. Hehehe. Pos Satu dan Pos Dua, berada di dalam hutan alami, dan berakhir di Pos Tiga, yang berada di puncak Gunung Tumpak. Pos ini merupakan perbatasan hutan alami dengan padang ilalang dan biasa digunakan sebagai base camp sebelum melanjutkan perjalanan mengintip kawah Kelud.

Jika waktu pendakian sangat longgar, bisa bermalam di Puncak Gunung Tumpak. Namun jika dalam sehari harus tiba di permukiman, manfaatkan sebaik mungkin waktu yang tersedia. Setelah istirahat sejenak, segera lanjutkan perjalanan menuju lereng dan meniti jalan setapak yang berada di punggung bukit, sehingga kiri kanan jalan berupa jurang. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai 'siratal mustakim'-nya Gunung Kelud. Perjalanan naik turun ini berada di antara padang ilalang, hingga akhirnya mendekati Puncak Kelud. Jalanan terjal menyambut. Hati-hati meniti tebing sebelum akhirnya jalanan kembali menurun menuju ke bibir kawah.