Minggu, 11 Desember 2011

Bangun Patung BK 185 Meter


PERSADA BK: Permadi bersama tim 10 berpose di belakang gambar yang rencana untuk pembangunan Persada Bung Karno.

BLITAR – Patung Bung Karno bakal berdiri di Kademangan. Himpunan pecinta Bung Karno di Blitar telah menggagas pendirian Persada Bung Karno yang diperkirakan sangat monumental. Sebab, monument tersebut dibangun di atas lahan seluas 110 hektare. Kemarin, para pecinta yang tergabung dalam tim 10 menggelar pertemuan di salah satu rumah di Jalan Lawu, No 68, Kota Blitar. Pertemuan itu dihadiri mantan anggota DPR RI Permadi SH. 


Lokasi Persada Bung Karno ini berlokasi di Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan. Bagaimana soal pendaaan? Prof Haryono Koesoemo selaku penasihat tim 10 mengaku seluruh dana berasal dari nonpemerintah. Pembangunan monumen ini untuk mengenang sang proklamator. “Ini berangkat dari keinginan menjadikan Blitar sebagai mercusuar Indonesia,” kata Haryono kemarin.

Kedatangan Permadi sendiri kemarin molor dari jadwal pukul 11.00 menjadi pukul 16.30. Selanjutnya, Permadi yang melihat lukisan imajinasi Persada Bung Karno langsung berkomentar. “Bung Karno akan lebih senang jika tidak ada gedung bertingkat seperti itu,” kata Permadi.

Dalam gambar yang dilukis berdasarkan hasil renungan dari Prof Haryono Koesoemo tersebut, tampak patung Bung Karno sedang hormat berdiri tegap menghadap utara. Di sekelilingnya ada gedung bertingkat. Yang oleh Haryono digambarkan sebagai universitas, pusat perbelanjaan serta tempat ibadah lima agama dan aliran kepercayaan. Permadi berpendapat, seharusnya patung Bung Karno sedang menunjuk ke utara dan tidak ada gedung bertingkat. “Karena tampak tegas. Dan saya yakin, semangat Bung Karno akan terus hidup di dalam diri para pecinta ajarannya,” lanjut Permadi.

Para pecinta Bung Karno yang tergabung dalam tim 10 tersebut mengungkapkan, rencana pembangunan dimulai pada 2012 mendatang. Tinggi patung tersebut 185 meter. Dan direncanakan menghabiskan dana 20 triliun. “Dananya darimana? Ya dari Tuhan,” ujar profesor berjenggot putih lebat itu. 
Permadi sendiri mendukung penuh rencana tersebut. Dan memberikan beberapa masukan terkait perencanaan. “Saya yakin, Indonesia bisa jadi mercusuar dunia,” tandas Permadi. (dha/cam)


Sumber : Radar Blitar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar